Series Cokelat I : Sejarah Cokelat

 

Salam kenal semuanya ! Kenalkan nih nama adminnya Katheoin. Katheoin akan mengulas mengenai pangan, hasil pertanian, dan produk olahannya. Pertama, mau bahas mengenai produk cokelat nih. Pembahasannya bakalan dilakukan per tahap yah, soalnya panjang banget akwkwkw. Kalau kasian suka dengan materinya boleh di komen dan di share. Oits, boleh request gak yah kak ? Boleh dong. Komen aja.

 

                          sumber foto : cokelatklasik.com                

Cokelat berasal dari Amerika Selatan, kalau gak salah sih di Meksiko. Ituloh negara yang ada piramidanya peninggalan suku Maya. Yups. Cokelat dikenalkan oleh suku Maya dan Astez. Nama cokelat sendiri berasal dari bahasa Aztec, xocolatl, yaitu minuman pahit. Menurut mereka nih, kakao itu adalah makanan yang dibawa oleh para dewa dari surga. Menurut kepercayaan sih, kalau memakan kakao yang diolah menjadi cokelat akan mendapatkan kekuatan dan kebijaksanaan. Wah keren banget nih ! Mau tau nih, sebelum dikonsumsi oleh khalayak ramai seperti sekarang ini, jauh sebelumnya hanya bangsawan, keluarga raja, pahlawan, dan kalangan atas saja yang dapat mengonsumsi cokelat ini. Wah berkelas banget cokelat pada zamannya.

Baca juga : 

Sejarah Cokelat di Eropa

Hal ini gak jauh beda sama nama latin dari cokelat ini. Yaks, kakao memiliki nama latin Theobroma cacao L. arti dari Theobroma sendiri itu adalah makanan untuk dewa. Pantas hanya kalangan tertentu yang saja yang mengonsumsinya nih. Selain itu, cokelat juga digunakan sebagai mata uang loh sebelum mengenal mata uang sekarang. Wah baru tau !

#cokelat #panganlokal #panganindonesia #pangan #seriescokelat #sejarahcokelat

Penasaran dengan kelanjutannya ? pantengin terus di blog ini yah.

Kritik dan saran dari pembaca sangat membantu kami untuk menampilkan informasi yang berkualitas selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar